RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : SDN DABASAH 4
TEMA :
KEPERLUAN SEHARI –
HARI
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
A. STANDAR
KOMPETENSI
I.
PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
§
Mengenal pentingnya harga diri
|
IPS
|
:
|
§
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
IPA
|
:
|
§
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak
benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
Matematika
|
:
|
§
Mengenal pecahan sederhana
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
§
Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
§
Menirukan dialog dengan eksperimen yang
tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami,
dilihat atau didengar
§
Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang
isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§
Menulis karangan sederhana berdasarkan
gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
|
I. TUJUAN PEMBELAJARAN**
IPS
|
:
|
§
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
yang mengutamakan jasa
|
Matematika
|
:
|
§
Siswa dapat menuliskan nilai
pecahan
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
§
Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§
Siswa menanggapi secara lisan masalah yang disajikan
|
v
Karakter siswa yang
diharapkan :
v Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa Ingin tahu,, Bersahabat, Gemar membaca, Peduli sosial,
Tanggung jawab.
II. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
III. MATERI
POKOK
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
4. Matematika
§ Pecahan
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F Guru memberikan apersepsi dengan
memberikan tanya jawab sesuai dengan materi
- Pernahkah
kalian membeli buah dipasar ?
- Buah apa
saja yang dijual dipasar ?
- Selain
pedagang buah, pedagang apa saja yang ada disana ?
F
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
ý Pertemuan II : menit (Matematika, B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Guru menyajikan alat peraga berupa buah apel untuk
menentukan nilai pecahannya
F Siswa menyimak demontrasi yang disajikan
oleh guru
Bahasa
Indonesia
F Guru membacakan sebuah cerita
F Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
guru
IPS
F Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
F Siswa membedakan dari ketiga jenis
pekerjaan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.
Buku Matematika
2.
Buku Bahasa Indonesia
3.
Buku IPS
B. Alat Peraga:
- Buah
apel dan Media Gambar
VI. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
* kadang-kadang
kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Bondowoso, 10 Mei 2012
Wali Kelas Praktikan
.................................................... Moh. Nursyamsu
NIP : ........................................... NIM: 820812704
Mengetahui,
Supervisor
1 Supervisor
2
Dr.
Indrawati, M.M.Pd Ngatmini,
S.Pd
NIP. 19590610 198601 2 001 NIP.19700704 199304 2 001
Kepala
SDN
DABASAH 4
Kec.
Bondowoso
ENGGAR SRI RAHAYU, SPd,M.Pd
NIP.
19600903197907 2 002
Pedagang Buah
Pak roni adalah seorang pedagang buah apel dipasar . Pada
suatu hari Pak Roni memeriksa buah apelnya di gudang. Setelah itu pak roni
menaruh satu kotak buah apel ke dalam 2 keranjang yang ukurannya sama. Setiap
hari pak Roni membuka kios buahnya dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore hari. Selain pedagang
masih ada jenis pekerjaan lain di pasar, contohnya tukang parkir, kuli panggul
tukang becak, satpam dan lain sebagainya.
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan cerita diatas
1.
Apakah pak roni ?
2.
Dimana pak roni berjualan ?
3.
Jika ditulis berapakah nilai pecahan buah apel milik pak roni pada tiap
keranjang?
4.
Dari jam berapakah pak roni membuka kios buahnya?
5.
Pekerjaan apa sajakah yang ada dipasar?
Kunci jawaban
- Pedagang buah apel
- Dipasar
- ½ (setengah)
- Dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore
- Tukang parkir, kuli panggul, tukang becak